.

PENTINGNYA MEMILIKI KEMAMPUAN MENULIS

Written By Heru Satria on Rabu, 28 November 2012 | 20.26

            Hampir setiap informasi yang kita peroleh, kita dapatkan dalam bentuk suatu tulisan. Koran, tabloid, majalah dan lain-lain yang memberikan kita banyak informasi disetiap harinya disajikan dalam bentuk tulisan. Tulisan merupakan salah satu cara yang efektif yang dapat kita jadikan sebagai alternative untuk menyampaikan berita, informasi, pandangan dan ide kepada orang lain. Melalui tulisan inilah memungkinkan terjadinya Transfer of Knowledge kepada orang lain.
            Buku-buku pelajaran, ensiklopedia dan berbagai macam buku lainnya merupakan salah satu bukti akan pentingnya tulisan sebagai wadah untuk mentranfer pengetahuan. Kita dapat mempelajari semua hal yang telah dipelajari oleh orang-orang terdahulu dengan mempelajari tulisan-tulisan yang terdapat dalam buku-buku yang ditelah ditulis oleh orang-orang pada zaman dahulu. Bayangkan bagimana Hukum Newton bisa tetap ada hingga sekarang jika bukan karena dulu Newton menuliskannya dalam sebuah buku sehingga dapat dipelajari oleh penerus-penerusnya.
            Banyak sekali literatur yang saya baca menyatakan pentingnya kemampuan untuk menulis bagi seorang mahasiswa. Karena melalui menulis itulah mahasiswa diharapkan mampu untuk menuangkan segala ide dan gagasan-gagasan kreatifnya untuk memberikan kritikan, apresiasi, penilaian, pandangan, maupun memberikan solusi dari suatu permasalahan-permasalahan yang ada disekitar mereka.

            Diera informasi seperti sekarang ini, menulis seyogyanya dijadikan sebagai suatu kebiasaan bagi kalangan masyarakat ilmiah yaitu mahasiswa di perguruan-perguruan tinggi. Memang, mungkin untuk mecurahkan suatu ide cemerlang atau gagasan dalam bentuk suatu tulisan bagi mereka yang belum terbiasa terkadang akan terasa sulit. Karena memang tidak semua orang yang memiliki ide-ide cemerlang mampu menuangkannya dalam bentuk tulisan. Hal ini tentunya sangat disayangkan sekali. Maka, kemampuan menulis ini perlu untuk sesegera mungkin dilatih, dengan harapan kedepan mahasiswa-mahasiswa di Indonesia memiliki suatu kemampuan dasar untuk menulis dan terbiasa untuk menulis.
            Ada banyak hal yang dapat kita lakukan untuk melatih kemampuan menulis kita. Misal, dari hal sepele seperti menulis buku diary, menulis cerpen dan lain-lain. Ketika kebiasaan menulis itu telah membiasa dalam diri kita, kita bisa mulai berlatih menulis karya-karya popular, jurnal, dan tulisan-tulisan yang lebih ilmiah. Semua itu tentunya tidak lepas dari niat masing-maing individu untuk mulai berlatih dari hal yang sekecil apapun.
            Menurut hemat saya, kemampuan menulis memang sangat penting, karena dengan memiliki kemampuan menulis kita akan sangat mudah dalam mencurahkan ide-ide cermelang kita, menyampaikan pandangan kita dan menginformasikannya kepada orang lain. Dengan menulis pula otak kita akan terlatih untuk berfikir kritis, analitis, dan berkembang. Sedangkan untuk mulai membiasakan menulis kita bisa mulai dengan menulis dari hal-hal yang sederhana kemudian terus kita kembangkan. Sudahkah Anda menulis hari ini ? Mari kita budayakan menulis ! Semoga bermanfaat ^_^
              

0 komentar:

Poskan Komentar